15 Tempat Wisata Terindah di Dunia yang Wajib Dikunjungi

Jelajahi tempat wisata di dunia yang paling indah dan terkenal, dari keajaiban alam hingga keajaiban buatan manusia, yang menawarkan pengalaman tak terlupakan bagi setiap pelancong.

Dunia ini penuh dengan keajaiban alam dan kreasi manusia yang mempesona, dari puncak gunung yang mengagumkan hingga reruntuhan kuno yang misterius.

Dalam panduan ini, kita akan menjelajahi beberapa tempat wisata terindah di dunia yang menawarkan pengalaman tak terlupakan.

Setiap destinasi memiliki ceritanya sendiri, mengajak Anda untuk terpesona oleh sejarah, budaya, dan keindahan alam yang menakjubkan.

Bersiaplah untuk menemukan pemandangan yang akan memperkaya pengalaman hidup Anda dan meninggalkan kesan mendalam dalam ingatan Anda.

Tempat Wisata Paling Indah di Asia

1. Zhangye Danxia Mountains, China

Zhangye Danxia Mountains, China
Foto: Evenson Calder/Unsplash

Zhangye Danxia Mountains di China adalah salah satu destinasi paling menarik bagi para wisatawan yang mencari keindahan alam yang unik. Berbeda dari gunung biasa yang dipenuhi pepohonan, Zhangye Danxia terkenal dengan kegundulannya yang mempesona.

Apa yang menjadikan pegunungan ini begitu spektakuler adalah palet warna-warni alaminya yang mirip dengan pelangi, sehingga mendapatkan julukan sebagai “gunung pelangi.”

2. Aogashima Volcano, Jepang

Aogashima Volcano, Jepang
Foto: 4explorateurs/Instagram

Aogashima Volcano di Jepang adalah gunung berapi aktif yang terletak di Kepulauan Izu dan memiliki bentuk yang unik seperti mangkuk pudding terbalik, menarik banyak wisatawan setiap tahun. Pengunjung dapat mencapai pulau ini dengan feri atau helikopter.

Di Aogashima, wisatawan dapat menikmati berbagai aktivitas, seperti berenang di pantai lokal, mendaki gunung, atau bersantai di sauna alami yang terbentuk dari uap panas kawah gunung berapi.

3. Raja Ampat, Indonesia

Raja Ampat, Indonesia
Foto: Sutirta Budiman/Unsplash

Di Indonesia, Raja Ampat dianggap sebagai salah satu tempat wisata terindah yang wajib dikunjungi. Terdiri dari lebih dari 1.500 pulau kecil, gundukan pasir, dan atol yang mengelilingi empat pulau utama, yaitu Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool.

Raja Ampat dikenal sebagai salah satu hotspot keanekaragaman hayati laut, dengan sekitar 75% spesies laut dunia yang hidup di wilayah ini.

Area ini mencakup 9,8 juta hektar daratan dan lautan, dengan 540 jenis karang, lebih dari 1.000 jenis ikan karang, dan 700 jenis moluska, menjadikannya surga bagi para penyelam dan pecinta alam.

Tempat Wisata Paling Indah di Eropa

4. Appenzell, Swiss

Appenzell, Swiss
Foto: Pascal Debrunner/Unsplash

Di Appenzell, Swiss, pemandangan hijau bukit, pepohonan, dan pegunungan menyambut setiap pengunjung dengan suasana yang sejuk dan asri, memberikan ketenangan yang nyaris sempurna. Daerah ini terkenal akan komitmennya terhadap pelestarian budaya dan tradisi lokal.

Jika Anda menyukai kegiatan luar ruangan, ada opsi untuk mendaki dan menikmati keindahan alam Appenzell, atau Anda bisa memilih untuk menggunakan cable car yang akan membawa Anda menikmati pemandangan pegunungan dari ketinggian.

Baca Juga:  7 Fakta Menarik Tentang Korea Selatan

Kota Appenzell sendiri juga menarik untuk dijelajahi, dengan galeri seni dan toko-toko yang menawarkan produk kulit lokal di mana Anda bisa menyaksikan proses pembuatannya.

5. Oia, Santorini, Yunani

Oia, Santorini, Yunani
Foto: Dawid Tkocz/Unsplash

Oia, desa kecil di Pulau Santorini, Yunani, terkenal dengan rumah-rumahnya yang berwarna putih dan biru yang mencolok di atas tebing yang menghadap laut biru jernih. Oia adalah tempat yang lebih tenang dan santai dibandingkan dengan Fira, ibu kota Santorini.

Mengunjungi toko-toko lokal yang menjual karya seni, berjalan-jalan di jalanan desa, dan menikmati suasana yang santai adalah kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini.

Wisatawan banyak berkumpul di Oia menjelang brunch, dan keramaian mencapai puncak saat matahari terbenam sekitar pukul 20:30, yang terkenal dengan pemandangan sunsetnya yang spektakuler.

6. Bora Bora, Polinesia Prancis

Bora Bora, Polinesia Prancis
Foto: Damien Chaudet/Unsplash

Bora Bora, bagian dari Polinesia Prancis, adalah sebuah pulau yang dikelilingi oleh laguna dan terumbu karang yang juga berfungsi sebagai pelindung dari gelombang laut.

Pulau ini memiliki dua gunung utama, Gunung Otemanu dan Gunung Pahia, yang keduanya memiliki ketinggian sekitar 728 meter. Di Bora Bora, Anda bisa berenang atau snorkeling di laut yang sangat jernih, sambil menikmati pemandangan gunung yang menakjubkan

Sore hari adalah waktu yang ideal untuk duduk di tepi pantai dan menikmati sunset yang indah. Selain itu, Anda juga dapat menjelajahi situs sejarah dari Perang Dunia II, mengunjungi galeri seni, dan membeli suvenir, termasuk perhiasan mutiara hitam yang terkenal dari Bora Bora.

Tempat Wisata Paling Indah di Amerika

7. Machu Picchu, Peru

Machu Picchu, Peru
Foto: Willian Justen de Vasconcellos/Unsplash

Machu Picchu, sebuah ikon bersejarah Peru, adalah reruntuhan suku Inca yang terletak di pegunungan Andes pada ketinggian sekitar 2.350 meter di atas permukaan laut. Berlokasi di atas Lembah Urubamba, sekitar 70 kilometer barat laut Cusco, bekas ibu kota kerajaan Inca.

Sejak tahun 1983, situs ini telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dan merupakan salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia baru, menarik pengunjung dari seluruh dunia dengan keindahan dan misteri sejarahnya.

8. Antelope Canyon, Amerika Serikat

Antelope Canyon, Amerika Serikat
Foto: Leon Liu/Unsplash

Antelope Canyon di Arizona adalah sebuah fenomena geologis yang mempesona, terbentuk dari erosi batuan pasir oleh angin dan air serta banjir bandang.

Kawasan ini, dikenal dengan dinding-dindingnya yang memantulkan cahaya matahari, menciptakan pemandangan warna yang spektakuler yang menjadi daya tarik utamanya.

Aktivitas populer di sini termasuk mendaki dan berkemah, dengan musim panas menjadi waktu terbaik untuk mengunjungi, ketika sinar matahari menerobos sempitnya celah tebing, menyorot keindahan alami yang memukau.

Baca Juga:  Air Terjun Tegenungan: Keindahan Alam yang Menakjubkan di Bali

9. Torres del Paine National Park, Chili

Torres del Paine National Park, Chili
Foto: Olga Stalska/Unsplash

Di wilayah Patagonia Chili, Torres del Paine National Park menawarkan keajaiban alam yang tak tertandingi, mulai dari pegunungan menjulang, danau biru, sungai yang mengalir, hingga gletser yang mengagumkan.

Diakui sebagai cagar alam oleh UNESCO pada tahun 2013, taman nasional ini menyebar luas hingga 227.298 hektar. Fitur utamanya adalah tiga pilar granit setinggi 2.800 meter, yang diapit oleh puncak Paine Grande dan Los Cuernos.

Lanskap yang beragam ini juga rumah bagi 106 jenis burung, beberapa di antaranya adalah spesies yang terancam punah, seperti coscoroba swan dan darwin-nandu, menjadikan taman ini surga bagi pencinta alam dan pengamat burung.

Tempat Wisata Paling Indah di Afrika

10. Pulau Zanzibar, Tanzania

Pulau Zanzibar, Tanzania
Foto: Humphrey Muleba/Unsplash

Zanzibar, sebuah pulau eksotis dekat pantai Tanzania, menawarkan pantai-pantai yang masih asli dan lautan yang hangat, menjadikannya salah satu destinasi wisata teratas di Afrika.

Pulau ini terkenal sebagai lokasi liburan pantai yang ideal, menggabungkan relaksasi dengan sejarah yang kaya mulai dari abad ke-17. Zanzibar memiliki perpaduan budaya Arab, Timur Tengah, Moor, dan India, menciptakan suasana yang unik.

Pengunjung dapat menjelajahi Kota Batu yang bersejarah, dengan masjid-masjid tua, bazaar yang ramai, dan riad indah. Pantai-pantai yang mengelilingi pulau ini sempurna untuk bersantai atau snorkeling di antara terumbu karang berwarna-warni, rumah bagi lebih dari 500 spesies laut.

11. Giza Necropolis, Mesir

Giza Necropolis, Mesir
Foto: Ricardo Gomez Angel/Unsplash

Mesir, bagian dari benua Afrika, menawarkan salah satu keajaiban dunia paling ikonik di Giza Necropolis. Di sini, wisatawan bisa melihat Piramida Giza, termasuk Piramida Agung Giza, Piramida Menkaure, dan Piramida Khafre.

Menyaksikan matahari terbit atau terbenam dari punggung unta di sini adalah pengalaman yang tak terlupakan. Piramida dan Sphinx ini, yang berasal dari abad ke-26 SM, adalah atraksi paling terkenal di Mesir.

Terletak dekat Kairo, ibu kota Mesir, Giza adalah tempat yang dinamis di mana sejarah kuno bertemu dengan kota metropolitan modern, dengan kegiatan seperti mengunjungi Museum Mesir menjadi keharusan.

12. Air Terjun Victoria, Zimbabwe dan Zambia

Air Terjun Victoria, Zimbabwe dan Zambia
Foto: Albrecht Fietz/Pixabay

Air Terjun Victoria, sering disebut sebagai “Awan yang Bergemuruh,” adalah salah satu tempat wisata paling spektakuler di dunia. Terletak di Sungai Zambezi, air terjun ini menciptakan perbatasan alami antara Zimbabwe dan Zambia.

Menampilkan tirai air sepanjang 1,7 km dengan ketinggian 108 meter, air terjun ini paling mengesankan selama musim hujan, saat volume air mencapai puncaknya.

Mendengar suara air terjun yang bergemuruh dan melihat kabut yang menyembur kembali seperti awan tebal adalah pengalaman yang mempesona.

Baca Juga:  Curug Parigi: Mengungkap Keindahan dan Pesona Alam yang Menakjubkan

Air Terjun Victoria juga merupakan situs Warisan Dunia UNESCO, menjadikannya tempat yang wajib dikunjungi bagi setiap wisatawan.

Tempat Wisata Paling Indah di Australia

13. Fiordland National Park, New Zealand

Fiordland National Park, New Zealand
Foto: Athithan Vignakaran/Unsplash

Fiordland National Park di New Zealand terkenal dengan fjordnya yang spektakuler—lembah yang dibentuk oleh gletser dan diisi air laut, yang menghasilkan bentuk “U” yang memukau. Pemandangan air terjun yang jatuh tanpa henti di sisi fjord menambah keindahan alam yang tiada banding.

Wisatawan yang berkunjung ke sini sering melakukan hiking melalui beberapa jalur terkenal seperti Milford Track, yang membutuhkan waktu lima hari, Kepler Track, sebuah jalur melingkar yang ditempuh selama empat hari, dan Routeburn yang melintasi Taman Nasional Mount Aspiring selama tiga hari.

Selain itu, fjord-fjord ini juga dapat dijelajahi menggunakan kayak di danau Te Anau dan Manapouri, dengan beberapa pengunjung bahkan mencoba snorkeling atau diving untuk menyaksikan kekayaan bawah lautnya.

14. Kangaroo Island, Australia

Kangaroo Island, Australia
Foto: Kwestdigital/Elements Envato

Kangaroo Island di Australia Selatan adalah pulau terbesar ketiga di Australia setelah Tasmania dan Pulau Melville, menawarkan pengalaman alam liar yang kaya dengan satwa endemik.

Di pulau ini, kamu dapat menemukan kanguru, ekidna berparuh pendek, walabi tammar, possum brushtail, dan bandicoot coklat selatan. Pengunjung juga bisa menikmati kehidupan bawah laut yang menarik dengan spesies seperti ikan dan naga laut leafy.

Pulau ini dilengkapi dengan banyak penanda jalan yang informatif, memudahkan pengunjung untuk belajar dan menikmati keindahan alam Australia.

15. Whitsunday Islands, Australia

Whitsunday Islands, Australia
Foto: 𝘗𝘪𝘦𝘳𝘳𝘦-𝘏𝘦𝘯𝘳𝘺 de Soria/Unsplash

Whitsunday Islands, koleksi dari 74 pulau yang indah di tengah Great Barrier Reef, adalah destinasi impian bagi mereka yang ingin mengeksplorasi kehidupan bawah laut yang berwarna-warni melalui snorkeling atau scuba diving.

Salah satu highlight dari Kepulauan Whitsunday adalah Whitehaven Beach, terkenal dengan pasirnya yang putih dan air laut yang jernih. Lokasi ini sangat ideal bagi mereka yang mencari pengalaman liburan yang menyenangkan dan ceria di lingkungan pulau tropis yang menawan.

Setelah menjelajahi beberapa tempat wisata terindah di dunia, jelas bahwa setiap sudut planet ini menawarkan sesuatu yang unik dan menarik. Dari kedalaman lautan hingga ketinggian pegunungan, dari kota-kota bersejarah hingga pulau-pulau terpencil, keindahan dunia ini tak ada habisnya.

Semoga perjalanan melalui daftar ini menginspirasi Anda untuk melangkah lebih jauh, mengeksplorasi lebih banyak, dan menghargai keajaiban alam serta pencapaian manusia. Ingatlah bahwa setiap perjalanan membawa pelajaran dan kenangan yang akan bertahan seumur hidup.

Related Articles