Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya: Menggabungkan Keindahan Arsitektur Timur dan Barat

Surabaya, kota metropolitan terbesar di Indonesia, tidak hanya terkenal dengan kehidupan urban yang sibuk, tetapi juga dengan sejumlah destinasi wisata yang menarik. Salah satu tempat yang patut dikunjungi adalah Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya.

Masjid yang memadukan keindahan arsitektur Timur dan Barat ini menawarkan daya tarik yang unik bagi para pengunjung. Artikel ini akan membahas pesona, rute lokasi, dan fasilitas yang ditawarkan oleh Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya.

Daya Tarik Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya

Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya merupakan salah satu masjid yang memiliki keunikan tersendiri. Didirikan pada tahun 2002, masjid ini terinspirasi oleh arsitektur Islam Tionghoa yang khas.

Dari luar, pengunjung akan terpesona oleh atap bergaya pagoda dengan warna cerah yang mencolok. Detail-detail ornamen Tionghoa pada fasad masjid menambah kesan eksotis dan memikat.

Namun, ketika memasuki masjid, pengunjung akan merasa seakan-akan berada di dalam masjid klasik Timur Tengah. Ruang dalam masjid dipenuhi dengan desain kubah yang elegan, kaligrafi Arab yang indah, dan hiasan mozaik yang memikat. Gabungan antara arsitektur Timur dan Barat ini menciptakan suasana yang menakjubkan dan menyatu dengan harmonis.

Selain keindahan arsitektur, masjid ini juga menawarkan kegiatan keagamaan dan sosial yang beragam, seperti ceramah agama, pengajian, dan bakti sosial.

Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya menjadi tempat ibadah yang ramai dikunjungi oleh umat Muslim serta tempat pertemuan dan pusat kegiatan masyarakat di sekitarnya.

Baca Juga:  11 Tempat Wisata Terbaik di Teluk Halong Vietnam

Rute Lokasi Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya

Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya terletak di Jalan Gading No. 23, Kelurahan Tambaksari, Kecamatan Simokerto, Surabaya. Untuk mencapai masjid ini, terdapat beberapa opsi rute yang dapat dipilih:

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengikuti rute melalui Jalan Gubeng Raya. Setelah mencapai persimpangan Jalan Kapasan, belok kanan ke Jalan Kapasan-Genteng Kali. Ikuti jalan tersebut dan belok kiri ke Jalan Gading. Masjid akan terlihat di sebelah kanan.

Jika menggunakan angkutan umum, Anda dapat naik bus kota atau taksi menuju Jalan Gubeng Raya atau Jalan Kapasan. Dari sana, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau menggunakan ojek online untuk mencapai Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya.

Fasilitas Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya

Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya tidak hanya menyediakan tempat ibadah yang nyaman, tetapi juga fasilitas lain yang memudahkan para pengunjung. Beberapa fasilitas yang tersedia di masjid ini antara lain:

  • Ruang salat yang luas dan nyaman untuk laki-laki dan perempuan.
  • Area parkir yang luas untuk kendaraan pribadi dan angkutan umum.
  • Tempat wudu yang bersih dan terawat.
  • Perpustakaan yang menyediakan berbagai buku dan literatur agama.
  • Ruang pertemuan untuk kegiatan keagamaan dan sosial.
  • Area bermain anak-anak untuk keluarga yang ingin mengunjungi masjid.
  • Kafe atau warung untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum pengunjung.
Baca Juga:  Museum Rumah Cut Nyak Dhien: Destinasi Wisata Sejarah yang Memukau

Kesimpulan

Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya merupakan destinasi wisata yang menarik dengan perpaduan keindahan arsitektur Timur dan Barat yang memukau. Daya tariknya terletak pada kombinasi antara ornamen Tionghoa yang memikat pada eksterior dan desain klasik Timur Tengah yang anggun pada interiornya.

Masjid ini juga menawarkan fasilitas yang lengkap untuk kenyamanan pengunjung. Jika Anda berkunjung ke Surabaya, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya yang memukau ini.